RTL berawal dari kepedulian akan pentingnya nilai-nilai keberlanjutan disepanjang rantai indutri tekstil dan fesyen di Indonesia. RTL diinisiasi oleh sembilan lembaga yang terdiri dari industri tekstil, merek dan lembaga pegiat keberlanjutan sebagai berikut:

  1. Busana Apparel Group
  2. H&M Group
  3. PT Asia Pacific Fibers Tbk.
  4. PT Asia Pacific Rayon
  5. PT Pan Brothers Tbk.
  6. PT Sri Rejeki Isman Tbk.
  7. PT South Pacific Viscose Lenzing
  8. Yayasan Inisiatif Dagang Hijau
  9. Yayasan KEHATI

Pendirian RTL juga didukung oleh Partnership-ID sebagai fasilitator kemitraan, yang memandu sejak awal berkumpulnya para pemain kunci industri tekstil dan fesyen, hingga menghantarkan RTL menjadi organisasi resmi yang berbadan hukum dan memiliki program kerja.

Gagasan menuju pendirian RTL berlangsung sepanjang tahun 2020 melalui beberapa tonggak peristiwa yang seluruhnya dilakukan secara online yaitu melalui forum diskusi terbuka yang dihadiri oleh berbagai pihak pelaku industri dari hulu hingga hilir di forum yang disebut Rantai Tekstil Berkelanjutan, disingkat Rajut. Tiga kali pelaksanaan Forum Diskusi Rajut dan dua kali pertemuan Penggagas menjadi serangkaian pertemuan pembuka jalan menuju pembentukan kemitraan multisektor. Forum Diskusi Rajut dan Pertemuan Penggagas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Forum Diskusi Rajut 1 – 7 Juli 2020 bertujuan untuk membangun rasa saling percaya dan jejaring
  • Pertemuan Penggagas 1 – 29 September 2020 bertujuan untuk mendiskusikan dasar-dasar kemitraan
  • Forum Diskusi Rajut 2 – 13 Oktober 2020 bertujuan untuk memperkuat jejaring dan komitmen bersama
  • Pertemuan Penggagas 2 & 3 – 1 & 18 November 2020 bertujuan untuk menetapkan visi & misi serta hal-hal penting lainnya
  • Forum Diskusi Rajut 3 – 16 Desember 2020 bertujuan untuk membahas tantangan pandemi Covid-19 yang dihadapi industri tekstil dan fesyen di Indonesia, dan mengumumkan gagasan pembentukan perkumpulan

Rangkaian diskusi tersebut, menjadi kesempatan untuk berbagi pengalaman dan praktik-praktik yang baik; secara bersama-sama memformulasikan ketahanan industri tekstil dan fesyen menuju masa depan; mengidentifikasi peluang di masa “normal baru” ini; serta membangun platform kolaborasi untuk mengimplementasikan tindakan bersama.

Pendirian RTL sebagai organisasi (perkumpulan) disepakati oleh para Penggagas pada pertemuan selanjutnya yang diselenggarakan pada tanggal 12 Januari 2021. Pada tanggal 9 September 2021, Rantai Tekstil Lestari secara resmi diluncurkan dan siap berkolaborasi dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri, menuju tekstil berkelanjutan.